cara berjualan pulsa untuk pemulaKonten ini akan memberitahu anda strategi cara berjualan pulsa untuk pemula yang benar supaya bisa sukses dan meraih keuntungan secara maksimal. Pembahasannya saya bedakan menjadi 2 yaitu cara berjualan pulsa untuk pemula dengan konter dan tanpa konter, karena cara mengoptimalkannya memang sedikit berbeda.

Cara Berjualan Pulsa untuk Pemula non Konter

Jika kalian adalah penjual pulsa tapi tidak memiliki konter, tidak perlu berkecil hati dan jangan patah semangat. Dengan pengelolaan yang benar, InsyaAllah bisnis ini bisa sukses meskipun dijalankan secara freelance tanpa konter.

Bagaimana cara berjualan pulsa untuk pemula tanpa konter supaya sukses?
Anda harus perhatikan hal-hal ini ketika memulai bisnis jualan pulsa:

Perhatikan 1: Jumlah kompetitor di daerah sekitar
Lazimnya orang akan memulai usaha, mengetahui jumlah kompetitor adalah hal yang umum dilakukan. Kalian pun sama, lakukan pengecekan jumlah kompetitor (orang yang menjalankannya tanpa konter) di sekitar dulu sebelum memulai bisnis pulsa. Jika belum ada satu pun, itu artinya sangat pontesial sekali jika kalian memulainya.

Bagaimana jika sudah lebih dulu ada orang lain yang berbisnis pulsa?
Kalau jumlahnya masih 1-3 orang, itu tidak masalah, kalian masih bisa bersaing dengan catatan pasarnya memang banyak. Tapi kalau sudah lebih dari 3 orang yang menjalankan bisnis ini, sebaiknya anda ganti tema bisnis lain atau sekalian membuka konter pulsa.

Perhatikan 2: Pelajari kekuatan kompetitor
Anda tidak boleh buta pada kekuatan kompetitor, sebab mereka menarget pasar yang sama dengan anda. Kalian harus pelajari, bagaimana cara kompetitor menjual pulsa ke konsumen, apakah dengan sistem tunai atau hutang.

Yang harus kalian tahu, para penjual pulsa non konter kebanyakan menggunakan sistem hutang dalam penjualannya. Ini sangat riskan sekali, penjualan secara bon/hutang umumnya akan sangat menghambat sekali pada kemajuan bisnis pulsa.

Bila demikian yang terjadi, anda harus punya strategi lain untuk menghadapi sistem penjualan bon yang diterapkan kompetitor.

  • Strategi – 1 Pakai sistem penjualan hutang juga

Jika modal kalian sama banyaknya dengan yang digunakan oleh kompetitor, kalian bisa mencoba sistem penjualan secara hutang juga sama dengan yang diterapkan oleh kompetitor. Bedanya, jatuh tempo pembayarannya harus kalian percepat. Misal kompetitor menerapkan bon penjualan 3 hari baru menagih, maka anda harus lebih cepat, kalau memungkinkan bon hari ini, besok harus sudah dibayar oleh konsumen.

Sebab, jika tidak demikian, kemajuan bisnis pulsa kalian pasti terhambat, sulit berkembang karena modal gak bisa muter dengan cepat. Yang perlu kalian tahu, pulsa itu adalah produk primer yang gak punya kadaluarsa dan selalu dibutuhkan setiap saat. Jadi anda tidak perlu takut pulsanya gak laku, pengalaman saya, gk pernah pulsa saya gk laku, padahal saya sama sekali tidak menerapkan sistem bon, selalu tunai.

Bagaimana cara menagih bon kepada pelanggan supaya mereka gak berbelit?
Gampang saja, kalian bisa mencoba trik sederhana ini “pak/bu bon pulsanya saya minta dulu ya, uangnya mau saya pakai untuk isi saldo lagi supaya tidak kehabisan begitu nanti butuh”. Intinya kalian tagih dengan sopan saja dan utarakan alasan kenapa kalian nagihnya lebih cepat dari kompetitor.

  • Strategi – 2 Penerapkan sistem uang titipan

Untuk menyiasati bon, kalian bisa menerapkan sistem uang titipan. Ini mirip dengan arisan atau tabungan. Jadi para pelanggan kalian harus menitipkan sejumlah uang kepada anda yang bisa mereka pakai untuk membeli pulsa kepada kalian kapanpun mereka butuh. Secara teoritis, selain mengurangi penjualan bon, strategi ini juga berpotensi membuat cashflow modal kalian menjadi sangat cepat.

  • Strategi – 3 Akrab dengan banyak teman

Jika kalian berbisnis, maka kalian harus akrab sama teman, sebanyak mungkin harus kalian akrabi. Coba kalian perhatikan analogi sederhana ini:

Anda punya 2 orang teman, Si A dan Si B.

Si A adalah teman anda tapi teman biasa hanya sekedar kenal saja
Si B adalah teman anda yang sangat akrab

Nah, apabila dalam suatu kondisi, kedua teman tersebut meminta bantuan kepada kalian, dan sayangnya anda hanya bisa membantu 1 orang saja diantara mereka berdua. Kira-kira siapa yang akan kalian bantu terlebih dahulu? Si A yang merupakan teman sekedar kenal saja atau si B yang merupakan teman akrab anda sehari-hari? Tanyakan pada diri sendiri ya?

Nah, dalam bisnis, yang seperti itu terkadang juga berlaku. Jadi pakai strategi ini supaya jualan pulsa kalian bisa laku dalam jumlah banyak dan selalu stabil setiap harinya.

 

Perhatikan 3: Jangan hanya mengandalkan keuntungan dari pulsa reguler

Dalam prakteknya, jangan hanya mengandalkan keuntungan dari penjualan pulsa reguler saja. Jadikan keuntungan dari penjualan pulsa reguler hanya sekedar penjualan basic, jangan dijadikan tumpuan dari sumber keuntungan utama.

Kalian fokus pada produk lainnya yang memiliki keuntungan lebih besar, seperti token listrik, PPOB, dan Pulsa Kuota. Jangan sekali-kali anda mengabaikan pada ketiga produk tersebut.

Jika kalian tidak bisa memanfaatkannya dengan maksimal dan hanya mengandalkan pulsa reguler saja, sudah pasti bisnis pulsa yang kalian geluti akan stagnan, sulit berkembang. Ada banyak sekali nilai tambah dari ketiga produk tersebut. Selalu tawari pelanggan dengan produk-produk tersebut, maka keuntungan kalian akan lebih meningkat.

Perhatikan 4: Promosi

Jangan pernah capek melakukan promosi. Terutama jika kalian penjual pulsa pemula, konsistensi harus selalu dijaga dalam berpromosi ya. Promosi bisa kalian lakukan dengan banyak cara:

  • Promosi 1: Pasang Banner

cara menjjual pulsa untuk pemulaMinimal pasang banner pulsa di depan rumah atau dikontrakan kalian. Dengan menerapkan cara ini, tanpa kalian sadari, usaha pulsa kalian lambat laun akan semakin dikenali oleh orang-orang yang pernah lewat di depan rumah kalian, dan itu terekam di ingatan mereka. Suatu saat pasti mereka akan menjadi pelanggan anda.

Jika ini terjadi terus-menerus dan dalam kurun waktu yang lama, jelas akan tercipta istilah promosi “dari mulut ke mulut” yang efeknya sangat besar sekali terhadap kemajuan bisnis pulsa kalian.

  • Promosi 2: Menggunakan sosmed

Penggunaan facebook, instagram dan sosmed lainnya bisa menjadi pilihan lain untuk berpromosi. Kalian bisa bergabung dengan banyak group di sana. Ingat! jangan sekali-kali kalian berpromosi secara membabi buta jika menggunakan media ini, itu tidak baik bagi reputasi bisnis kalian karena terkesan spamming.

Trik yang bisa kalian gunakan ketika berpromosi melaui medsos adalah banyakin sharing-sharing dulu, baru sesekali promosikan usaha pulsa kalian. Selain terhindar dari banned oleh admin, cara ini efektif untuk menjaring pelanggan.

Baca Juga: Cara Jadi Agen Pulsa Tanpa Modal

Cara Berjualan Pulsa untuk Pemula Dengan Konter

Jika kalian adalah penjual pulsa yang memiliki konter, itu lebih bagus, karena bisa lebih mudah dalam memainkannya. Dengan menggunakan konter, kesuksesan bisa lebih cepat tergapai asal pengelolaannya dilakukan dengan baik.

Cara berjualan pulsa untuk pemula dengan konter, sebenarnya sama dengan cara berjualan pulsa untuk pemula non konter yang sudah saya paparkan di atas, ditambah beberapa poin lagi:

Poin Tambahan 1 – Buka layanan keagenan

Membuka keagenan merupakan salah satu cara berjualan pulsa yang baik untuk seorang pemula. Tidak peduli dimana lokasi konter kalian, mau dilokasi strategis ataupun tidak, supaya lebih cepat berkembang coba kalian buka layanan keagenan. Banyak orang menganggap sepele hal ini, itu salah. Dengan membuka keagenan, akan membawa banyak dampak positif pada bisnis pulsa yang anda geluti.

Jika saat ini konter anda sepi atau pelanggannya stagnan, itu-itu saja gak nambah-nambah, maka mulai hari ini pasang banner pendaftaran agen pulsa di depan konter kalian. Umumnya dalam 4-6 bulan akan terasa perbedaannya. Gak percaya? buktikan!

Poin Tambahan 2 – Variasikan dan perbanyak tampilan stok di etalase konter

Jika etalase hanya berisi sedikit stok kartu perdana ataupun vocer, rasanya mustahil konter bisa menjual diatas angka 100pcs/hari atau omset penjualan di atas 5jt/hr. Ya pengalaman saya pribadi dalam mengelola 3 konter juga seperti itu. Usahakan stok tertampil banyak di etalase. Perhatikan foto di bawah supaya lebih dipahami:

cara usaha pulsa untuk pemula cara usaha pulsa untuk pemula

Pertanyaannya, bagaimana jika jumlah stok tidak seimbang dengan jumlah yang laku? Bagaimana jika masa aktif stok kartu dan vouchernya keburu masuk expired? Bukannya malah jadi rugi?

Iya, pasti rugi. Oleh sebab itu jangan sampai kedahuluan sama masa expirednya. Penjualan kalian harus banyak dan stabil setiap harinya. Yang saya lakukan, adalah dengan memanfaatkan poin tambahan 1 di atas.

Dengan selalu bertambahnya jumlah agen yang mendaftar di konter, banyak diantara mereka yang sekalian membeli kartu perdana dan voucher juga (kulakan). Dengan begitu, stok konter bisa terjual dengan cepat dalam jumlah banyak.

Semoga konten cara berjualan pulsa bagi pemula ini dapat dipahami, Semoga sukses ya..

jemberpulsa.net – cara berjualan pulsa untuk pemula

Bagikan sesuka Anda secara mudah dengan menggunakan tombol di bawah ini:
WhatsApp chat